Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Senin, 10 Desember 2012

Mengatur Transparansi Aplikasi Eksternal

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Pada trik kali ini masih menggunakan tool Command nircmd.exe seperti pada trikmengubah volume dan mensetting mute. Melalui nircmd.exe yang akan di jalankan di Visual Foxpro kita akan mencoba membuat atau mengatur tingkat transparansi dari form aplikasi eksternal atau dengan kata lain aplikasi yang tidak kita buat atau aplikasi lain yang sedang berjalan. 

Sebelum mencoba trik ini silahkan download dulu file nircmd.exe kemudian ekstrak dan copykan ke folder project anda. Selanjutnya, misal kita ingin membuat transparan aplikasi notepad maka gunakan Source Code di bawah ini :

! /n nircmd.exe win trans ititle "notepad192

Cara kerja dari syntax diatas adalah berdasarkan caption aplikasi yang mengandung kata "notepad" maka aplikasi yang ditemukan akan diubah nilai transparansinya menjadi 192 (nilai terendah 1 dan tertinggi 255). Silahkan teman - teman bereksplorasi lebih lanjut dan silahkan ganti kata  "notepad" dengan kata kunci lain yang terdapat di caption aplikasi eksternal yang ingin di ubah tingkat tranparansinya. Di bawah ini adalah contoh gambar Notepad dan Command Window yang telah diubah tingkat transparansinya.
Sebagai catatan lakukan pengaturan set default to <nama folder project> anda bila ingin bisa mengakses nircmd.exe tanpa menggunakan path lengkap. Meskipun trik ini diperuntukkan untuk aplikasi eksternal, tetapi bila anda ingin menggunakan untuk aplikasi atau form yang anda buat di Visual Foxpro juga bisa, asal dengan syarat property ShowWindow form bernilai 2 atau propertyDesktop form bernilai .T.


SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar