Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Rabu, 12 Desember 2012

Macam-macam prosesor intel Atom

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Intel atom adalah suatu jenis prosesor milik Intel yang masuk dalam jajaran CPU IA-32 dan x86-64 yang memiliki kebutuhan daya sangat rendah. Awalnya prosesor ini didesain dengan teknologi 45 nanometer CMOS dengan nama kode Cedar. Lalu akan diproses dengan teknologi 32 nanometer berdasarkan arsitektur Bonnel.
macam-macam prosesor intel atom
Sebenarnya Intel Atom adalah penerus dari mikroprosesor berdaya rendah Intel A100 dengan nama kode Stealey. Stealey dibuat dengan teknologi pemrosesan 90 nanometer, memiliki cache L2 sebesar 512 KB dan berkecepatan 600 Mhz dan 800 Mhz dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 3 watt. Intel suatu ketika pernah mengungkapkan bahwa mereka mendesain prosesor mobile dengan kode nama Diamondville untuk perangkat sejenis laptop murah. Nama Atom sendiri disandang oleh prosesor yang memiliki kode nama Silverthorne. Sementara chipset yang awalnya menggunakan kode nama Menlow diganti menjadi Centrino Atom.
Intel secara resmi mengumumkan bahwa Silverthorne dan Diamondville dapat disebut sebagai Intel Atom seri N2xx pada Intel Developer Forum 2008 di Shanghai. Silverthorne dengan daya rendah yang lebih mahal akan digunakan pada Intel Mobile Internet Device (MID), sedangkan Diamondville akan digunakan pada notebool dan desktop berbiaya rendah. Beberapa macam contoh motherboard Mini-ITX yang support Intel Atom N2xx juga ipamerkan dalam ajang tersebut. Intel dan Lenovo secara bersama-sama juga mengumumkan MID yang menggunakan prosesor Silverthorne, yakni Lenovo Ideapad U8.

Silverthorne adalah proseseor yang memiliki seri Atom Z5xx dengan core tunggal 45 nanometer dan tidak memiliki on-die GPU. Silverthorne pertama kali diluncurkan pada April 2008. Prosesor ini digunakan pada MID, UMPC dan Lifestyle PC. Pada April 2008, perangkat pengembangan MID diumumkan oleh Shopie Systems, dimana board pertamanya disebut sebagai CoreExpress-ECO telah dipamerkan oleh LiPPPERT Embedded Computers, GmbH, sebuah perusahaan dari Jerman.
Prosesor yang biasa digunakan pada Classmate PC, Netbook, Nettop, dan Lifestyle PC adalah Intel Atom dengan nama kode Diamondville, Pineview, dan Cedar View. Diamondville biasa dikenal dengan seri Atom N2xx, Atom 2xx, dan Atom 3xx. Pada Atom N2xx dan Atom 2xx yang diluncurkan pada Juni 2008 core yang digunakan adalah tunggal 45 nano meter, sedangkan pada Atom 3xx yang diluncurkan pada September 2008, core yang digunakan sudah dual 45 nano meter. Selanjutnya pada 21 Desember 2009, Intel mengeluarkan Pine Trail Platform, yakni satu sistem yang dengan konsumsi daya yang rendah. Sistem ini mencakup prosesor Intel Atom baru dengan nama kode Pineview atau secara komersial diberi kode Atom N450.

Galeri Foto Prossor Intel Atom

Terjadi penurunan konsumsi daya sebesar 20 persen dan kemudian diperbaharui lagi pada 28 Desember 2011 dengan versi Atom terbaru dengan nama kode Cedar. Pineview memiliki seri Atom N4xx, Atom D4xx, Atom N5xx dan Atom D5xx. Berbeda dengan Diamondville yang belum menggunakan On-Die GPU, seluruh seri dari Pineview ini sudah didukung dengan On-Die GPU. Intel lalu mengeluarkan satu prosesor lagi yang memiliki nama kode Lincroft dengan seri Atom Z6xx memiliki core tunggal 45 nanometer dan sudah memiliki on-die GPU dengan kecepatan 450 Mhz. Prosesor ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2010.

0 komentar:

Posting Komentar