Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Rabu, 12 Desember 2012

Membuat Animasi Bendera Dengan 3D Max

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


3D Max adalah suatu software  yhang dikembangkan untuk membuat gambar 3 dimensi dan juga animasi. Disini saya akan mencoba membuat sebuah animasi dengan 3D Max, misalkan saja kita akan membuat bendera yang seolah sedang berkibar ditiup angin.
Bagi yang sedang belajar 3D Max , silakan boleh bergabung disini, terbuka untuk siapa saja yang mau belajar 3D Max dengan sungguh sungguh.
Oke Langsung saja kita mulai :
Pertama tama bukalah program 3D Max setelah itu buatlah gambar sebuah bendera dengan cara pilih Create -> Geometry -> Standardprimitive -> Plane. pada Front View, tekan tombol klik kiri dan drag dengan ukuran plane kira kira seperti berikutlength = 150 dan width = 200 dengan length dan width segsnya berukuran 20.

Jika sudah membuat benderanya sekarang saatnya kita membuat tiang dari bendera tersebut dengan cara Create -> Geometri -> Cylinder. Lalu pada Top View aturlah radius dan Height dengan ukuran 5 dan 400.
Tahap berikutnya kita akan memberikan efek seolah olah bendera tersebut sedang tertiup angin, untuk itu kita akan membuatnya disini dengan klik Create -> Space Warps -> Wind.
Selanjutnya kita akan mengaktifkan objek Plane yang tadi kita sudah buat dengan pilihModify -> Modifier List -> lalu pilih Mesh Select -> Vertex,lalu kemudian seleksilah keseluruhan objek Plane Tersebut.
Kemudian Anda pilih kembali pada bagian Modifier List, pilih Flex pada parameter Rollout pilih Force and Deflector, pilih Add lalu klik pada objek angin dan lihat apakah sudah muncul wind 01 pada kolom force. Jika belum coba ulangi pada bagian ini.
Jika sudah pilih Flex -> Weight & Springs dan vertex bendera yang akan dirubah warnanya, misalkan kita akan memberi warna merah sebagai tanda bahwa warna tersebut akan menerima tiupan angin yang lebih besar.
Checklist pada bagian show spring pdi efek Flex pada table Advanced Springs, selanjutnya pilih menu tool Bar Edit -> Hold. kemudian masuk ke table Simple Soft Body, lalu klik tombol Create SimpleSoft Body -> dengan ukuran Stretch = 5,0 dan Stiffness = 0,1.
Na, sekarang kita kembali lagi pada table Modify Avanced Springs dan kita akan non-aktifkan kembali dengan unchecklist show spring. Pilig lagi ke efek Flex dan kita akan kembali menchecklist pada parameter Flek yakni Use Chase Springs agar tidak aktif kembali.
Next, sekarang kita ke table Simple Soft Bodies, lalu pilih Create Simple Soft Bodyrubah ukurannya dengan Stretch = 1,0 dan Stiffness = 5,0
Kemudian pilih efek ANGIN maka akan muncul table Parameter lalu rubah angka Strengh = 0,1 Decay = 0,0 dan Trubelence = 1,0.
Selanjutnya kita bisa menggerakan animasi Bendera dengan mengklik tombol play animation.
Yah, kalian bisa lihat hasil kalian sendiri, jika ada yang belum bisa memunculkan animasinya silakan cek kembali, jangan pernah takut untuk mencoba.
Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar