Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Senin, 10 Desember 2012

Mengubah Volume dan mensetting Mute pada Sound Card

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Berikut ini kita akan mencoba melakukan pengaturan volume sound card dan melakukan pengaturan mute melalui Source Code. Untuk melakukan hal ini sebenarnya bisa menggunakan syntax - syntax WinAPI, tetapi nantinya Source Code yang digunakan akan terlalu panjang dan mungkin akan membingungkan bagi teman - teman Foxpro Mania yang baru belajar Visual Foxpro. Oleh karena itu kali ini kita tidak akan menggunakan fungsi - fungsi API, tetapi akan menggunakan tool Command yang bersifat Freeware buatan nirsoft yang bisa kita gunakan secara bebas. Mungkin terlebih dulu silahkan download nircmd disiniatau bagi yang akan menggunakannya di platform 64 bit dapat mendownload versi 64 bitnya disini.

Setelah download, ekstrak dan copykan nircmd.exe ke folder project aplikasi anda. File nircmd.exe inilah yang akan kita gunakan untuk mengatur Volume sound dan mensetting Mute melalui Source Code Visual Foxpro kita. Berikut adalah Source Code yang digunakan untuk melakukan hal itu :
  1. Mengatur Volume Level 
  2. ! /n nircmd.exe mutesysvolume 100
     Nilai terendah adalah 1 dan nilai untuk volume tertinggi adalah 65535.  
  3. Mengatur MUTE pada sound
  4. ! /n nircmd.exe mutesysvolume 1  
  5. Mematikan MUTE pada sound
  6. ! /n nircmd.exe mutesysvolume 0  
Sebagai catatan lakukan pengaturan set default to <nama folder project> anda bila ingin bisa mengakses nircmd.exe tanpa menggunakan path lengkap, seperti contoh diatas. Bila tidak, teman - teman harus mengaksesnya dengan path lengkap, misal file nircmd.exe ada di C:\ maka syntax untuk MUTE sound menjadi ! /n C:\nircmd.exe mutesysvolume 1


SELAMAT MENCOBA..!!

0 komentar:

Posting Komentar