Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Senin, 10 Desember 2012

Memindahkan Form tanpa Title Bar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Secara default bila kita ingin memindahkan sebuah form saat program dijalankan adalah dengan meng-klik tittle barnya (bagian atas dari form yang berisi caption/judul form) kemudian men-drag nya ke tempat yang diinginkan. Tetapi gimana kalau ternyata kita membuat sebuah desain form yang mengharuskan kita untuk tidak menampilkan tittle bar tersebut???...apakah kita masih tetap bisa memindahkan form tersebut saat dijalankan???..pasti tentunya tidak akan bisa, seperti trik bentuk-form-sesuai-gambar dimana tittle bar dinonaktifkan dan kemudian form diisi dengan gambar. Setelah dijalankan pasti form bentuk gambar tersebut tidak akan bisa dipindah - pindahkan.

Untuk mengatasi hal itu ada sebuah trik yang dapat digunakan yang membuat meskipun form dalam kondisi tittle bar dinonaktifkan tetapi masih bisa tetap dipindah - pindahkan saat dijalankan. yaitu dengan mengetikkan source code di bawah ini :

DECLARE Long ReleaseCapture IN WIN32API
DECLARE Long SendMessage IN WIN32API ;
 Long HWND, Long wMsg, Long wParam, Long Lparam

IF nButton = 1 
 = ReleaseCapture()
 = SendMessage(Thisform.HWnd, 0x202, 0x0, 0x0)
 = SendMessage(Thisform.HWnd, 0x112, 0xf012, 0x0)
ENDIF

Source code tersebut silahkan ditaruh di dalam procedure MouseDownkepunyaan Form atau kontrol yang lain seperti Container atau Image. Bila dalam kasus pada trik bentuk-form-sesuai-gambar maka source code ditaruh di procedure MouseDown milik kontrol Image. Sebagai catatan Form yang akan dipindahkan disini mempunyai property ShowWindow dengan nilai 2 atau dengan nilai ShowWindow berapapun asalkan property Desktop nya bernilai .T.


SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar