Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Senin, 10 Desember 2012

Source Code untuk Mendeteksi Koneksi Internet

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Berikut ini adalah salah satu trik yang dapat digunakan untuk mendeteksi apakah PC atau Laptop kita sekarang sedang terkoneksi dengan internet ataukah tidak. Sebenarnya cara manual untuk mendeteksi koneksi ini sangatlah mudah dan pasti teman - teman semua sudah pada mengerti dan sering melakukannya yaitu tinggal masuk ke browser kemudian ketikkan alamat web yang terpercaya seperti www.google.com dan selanjutnya tinggal dilihat, tampil halaman google atau tidak, kalau tidak berarti koneksi internet sekarang sedang tidak aktif.

Tetapi gimana kalau kita mempunyai program yang harus mengambil data atau berhubungan dengan aplikasi lain melalui internet???...pastinya kita harus mempunyai cara agar program kita bisa mendeteksi koneksi internet secara otomatis sebelum melakukan proses selanjutnya. Pengecekan koneksi dengan cara manual diatas bisa dirubah dengan cara yang otomatis melalui source code di bawah ini :

DECLARE Long InternetCheckConnection IN Wininet.dll String Url,;
Long dwFlags, Long Reserved
lcUrl = "http://www.google.com"
IF InternetCheckConnection(lcUrl, 1, 0) <> 0
cStatus="Terkoneksi"
ELSE
cStatus="Tidak Terkoneksi"
ENDIF

Source diatas akan menyimpan hasil pengecekan koneksi ke dalam variablecStatus, dimana bila cStatus berisi "Terkoneksi" maka sekarang berarti kita sedang terkoneksi dengan internet dan jika nilai status "Tidak Terkoneksi" maka berarti sekarang kita tidak sedang terkoneksi ke internet. Selanjutnya silahkan teman - teman Foxpro Mania bereksplorasi dengan source code di atas.


SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar