Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Jumat, 07 Desember 2012

Konversi kata ke suara & mainkan animasi dengan MS Agen

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


MS Agen adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakankarakter animasi, mesin text-to-speech (kata ke suara), dan perangkat lunakpengenalan pembicaraan untuk meningkatkan interaksi dengan penggunakomputer. MS Agen terpasang sebagai bagian dari Microsoft Windows 2000sampai ke Windows Vista (tetapi tidak bagian dari Windows 7). MS Agen ini bisa digunakan sebagai kontrol ActiveX, sehingga semua fungsi dan kemampuannya bisa dimanfaatkan oleh bahasa pemrograman yang berjalan di Windows. 

Dalam Visual Foxpro, MS Agen juga dapat digunakan untuk menambahkan karakter animasi ke dalam aplikasi kita dengan tujuan untuk meningkatkan interaktif dengan pengguna. Selain itu dengan MS Agen kita dapat dengan mudah membuat fungsi atau modul yang dapat mengkonversi kata ataupun kalimat menjadi suara, seperti aplikasi pengecekkan sisa pulsa pada provider seluler.
Karakter Agen Peedy dan Merlin
Kontrol MS Agen ini sebenarnya sudah disediakan dalam solution sample Visual Foxpro 9.0 dalam bentuk class library, yang nantinya dapat kita gunakan dengan mudah. Beberapa fungsi utama dari class library _agent.vcx adalah sebagai berikut :
  1. .load("Peedy", "Peedy.acs"). load adalah fungsi _agent.vcx yang digunakan untuk me-load karakter MS Agen dengan nama Peedy dan file untuk karakter tersebut bernama Peedy.acs.
  2. .setActiveAgent("Peedy"). setActiveAgent adalah fungsi yang digunakan untuk memilih karakter mana yang mau diaktifkan (sebelum diaktifkan harus di load terlebih dahulu), sehingga fungsi - fungsi yang dilakukan setelah karakter tersebut diaktifkan akan merujuk ke karakter tersebut.
  3. .show(400,200). show adalah fungsi yang digunakan untuk menampilkan karakter yang sekarang sedang aktif dan sekaligus menentukan letak karakter tersebut di layar yang ditunjukkan dengan koordinat Y dan X yang dalam contoh ditunjukkan dengan angka 400 dan 200. Selain itu fungsi ini juga bisa digunakan untuk membuat karakter bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan pengaturan koordinat tersebut.
  4. .play("Announce"). play adalah fungsi yang digunakan agar karakter yang sedang aktif melakukan tindakan tertentu. Daftar dari tindakan ini nanti akan bisa anda lihat di contoh project MS Agent.
  5. .Speak("Foxpro Mania"). Speak adalah fungsi yang digunakan agar karakter yang sedang aktif menampilkan kata atau kalimat (yang dalam contoh adalah "Foxpro Mania") dan sekaligus akan bersuara sesuai kata tersebut. Disinilah kata atau kalimat bisa dengan mudah dikonversi menjadi suara. Dengan catatan bila kata yang dicantumkan adalah dalam bahasa indonesia maka kata atau kalimat tersebut tetap bisa disuarakan tetapi tetap dengan logat english.
Walaupun secara default pada Windows 2000 sampai Windows Vista secara otomatis MS Agen ini telah terinstal, tetapi instalasi tersebut tidak beserta dengan komponen - komponen pendukungnya. Untuk mengaktifkan fasilitas text-to-spech(konversi kata ke suara) maka komponen - komponen pendukung tersebut harus juga diinstal. Dibawah ini adalah contoh project pemakaian Class Libraryagent.vcx yang merupakan modifikasi dari contoh form yang ada di solution sample Foxpro. Di dalam folder contoh project MS Agen ada folder yang berisi kumpulan komponen pendukung beserta beberapa karakter MS Agen yang harus anda instal terlebih dulu sebelum menjalankan contoh project MS Agen dibawah ini.




SELAMAT MENCOBA....!!

0 komentar:

Posting Komentar