Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Jumat, 07 Desember 2012

Konversi angka ke terbilang

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Sering kali dalam aplikasi yang kita buat baik di dalam form atau di dalam laporan yang kita buat membutuhkan terjemahan dari angka ke dalam terbilang, misalnya "55" diterjemahkan menjadi "lima puluh lima". Konversi angka ke terbilang ini biasanya terdapat pada aplikasi akuntansi, keuangan, penjualan atau akademik. 

Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ini dapat dilakukan dengan banyak cara dengan berbagai macam logika yang dimiliki oleh programmer. Di link di bawah ini ada contoh penerapan dari logika untuk mengkonversi angka ke terbilang dengan rentang nilai 0 - 99999999999999.


Cara menggunakan modul konversi angka ke terbilang, sama dengan penggunaan Hexa Decimal Konverter karena sama- sama berupa file .prg yaitu sebagai berikut :
  1. Ketikkan set procedure to "c:\angka-terbilang_konverter.prg"di dalam command window, atau bila mau dimasukkan di form bisa dimasukkan di procedure init form. Sedangkan "c:\" itu adalah jika anda meletakkan file angka-terbilang_konverter.prg di C, path ini nanti silahkan diganti dengan path anda sendiri, tapi tentunya bila anda telah menjalankah syntax set defa to ... maka path ini tidak usah dicantumkan lagi.
  2. Untuk melakukan konversi dari angka ke terbilang ketikkananktoterbilang(210) atau anktoterbilang("210"), angka 210 adalah angka yang akan anda konversikan ke terbilang, karena ini berupa fungsi maka hasilnya bisa ditampung dalam variable, misal anda ketikkanhasil=anktoterbilang(210) maka variable hasil akan berisi string "dua ratus sepuluh".
SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar