Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Kamis, 06 Desember 2012

Variasi Kata Berjalan di Form

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Untuk mempercantik tampilan form atau memberikan sedikit variasi, biasanya ditambahkan sebuah label dengan kata tertentu yang dapat berjalan. Arah berjalannya kata atau label tersebut juga bervariasi, mulai bergerak dari kanan ke kiri, atas ke bawah, serong dan lain - lain. Selain kata yang bisa dibuat agar bisa bergerak di form, sebuah gambar juga bisa dilakukan hal sama sehingga bisa menambah kesan variatif dan cantik di tampilan form.

Untuk membuat kata atau sebuah gambar yang berjalan atau bergerak tidak lah sulit asal sudah tau beberapa prinsip dan logika yang digunakan. Beberapa hal yang berkaitan agar dalam membuat sebuah kata atau gambar agar terkesan bisa bergerak di form diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Kontrol timer : kontrol ini adalah sebuah kontrol yang dapat digunakan untuk melakukan eksekusi syntax dalam rentang interval terentu.
  2. Procedure timer : adalah procedure yang dimiliki oleh kontrol timer dimana syntax yang dimasukkan di procedure ini akan dieksekusi dalam rentang yang telah ditentukan.
  3. Property interval : adalah property milik kontrol timer yang digunakan untuk mengatur jeda waktu eksekusi syntax pada procedure timer. Dalam interval bila anda memasukkan nilai 1000 berarti syntax pada procedure timer  akan dieksekusi setiap 1 detik sekali. Jadi untuk mempercepat jeda eksekusi syntax atur nilai interval kurang dari 1000 dengan nilai paling rendah adalah 1, dan bila ingin memperpanjang jeda eksekusi atur nilai interval lebih dari 1000.
  4. Property left : Untuk mengatur pergerakan kata atau image secara horizontal, maka yang perlu diperhatikan atau dilakukan operasi adalah property label atau image yang bernama left. Property left ini digunakan untuk menentukan letak suatu kontrol termasuk label atau image secara horizontal. Dalam hubungannya dengan kata atau image berjalan maka jika digabungkan dengan penggunaan kontrol timer maka bila anda bisa menerapkan logika yang bisa mengeksekusi syntax yang secara logika dapat mengurangi atau menambah nilai dari property left  maka anda pasti akan dapat berhasil membuat sebuah kata atau image yang seolah - olah bergerak secara horizontal.
  5. Property top : Jika untuk mengatur pergerakan secara horizontal property yang harus diperhatikan adalah property left  dari label atau image. Sedangkan untuk mengatur pergerakan secara vertikal, yang harus diperhatikan adalah property top. Property top ini adalah property yang digunakan untuk mengatur posisi kontrol termasuk label dan image secara vertikal.
Ke lima hal diatas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat animasi kata atau image berjalan. Sedangkan logika yang selanjutnya digunakan untuk mengaplikasikannya tergantung dari kreatifitas dari pembuat program. Sebagai contoh penerapan dari pembuatan variasi kata dan image berjalan di form, silahkan download project aplikasinya di link dibawah ini. 


Tampilan Form Variasi Kata Berjalan

0 komentar:

Posting Komentar