Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Kamis, 06 Desember 2012

Source Code Untuk Mengubah Resolusi Layar Monitor

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Salah satu teknik untuk mengatur tampilan form selain menggunakan cara dengan membuat Background Picture Elastis adalah dengan mengubah resolusi layar monitor secara otomatis pada saat program kita dijalankan. Jadi tampilan form dan kontrol - kontrolnya akan secara terlihat proporsional. Kelebihan lainnya adalah jika menggunakan background gambar maka gambar kita akan terlihat seperti aslinya dan tidak tampak pecah atau buram dikarenakan ukuran gambar yang jauh lebih kecil dibandingkan ukuran resolusi layar monitor. 

Teknik mengubah Resolusi Layar Monitor ini sering digunakan oleh aplikasi game, dimana pada saat dimainkan aplikasi game akan mengubah resolusi layar monitor dengan ukuran default gambar yang dipakainya biasanya memakai ukuran standar terendah yaitu 800 x 600 pixel dan kemudian saat aplikasi game tersebut dihentikan maka resolusi layar akan dikembalikan ke ukuran asalnya.

Untuk melakukan teknik mengubah Resolusi Layar Monitor dengan Visual Foxpro, terlebih dulu download dan ekstrak di link di bawah ini, sehingga mendapatkan filelayar.dll.

layar.dll

File layar.dll yang telah anda dapatkan tersebut adalah file eksternal yang berisikan function untuk mengubah resolusi layar monitor dan sekaligus mendapatkan informasi menganai resolusi layar monitor yang sedang aktif. Cara - cara untuk menggunakan file layar.dll ini dalah sebagai berikut :
  1. Sebelum dapat menggunakannya registtrasikan file tersebut ke windows dengan cara mengetikkan "Regsvr32 c:\layar.dll" tanpa tanda petik dan path yang berwarna merah sesuaikan dengan path dimana anda meletakkan file layar.dll 
  2. Selanjutnya gunakan syntax ini di bawah ini untuk mengubah resolusid layar monitor anda.
  3. clayar=CREATEOBJECT("layar.tlayar")
    clayar.UbahLayar(1024,768)
    Angka yang berwarna merah pada syntax diatas, adalah ukuran resolusi layar yang kita inginkan, ukuran itu bisa diganti dengan ukuran resolusi layar monitor yang lain. Function clayar.ubahlayar akan mengembalikan nlai .T. bila layar berhasil diubah dan mengembalikan nilai .F.bila pengubahan layar ke resolusi yang telah ditentukan tidak berhasil.  
  4. Sedangkan untuk mengetahui ukuran dari resolusi layar monitor yang sedang aktif bisa menggunakan syntak dibawah ini.
x=clayar.ResolusiLayar(0,1) 
y=clayar.ResolusiLayar(0,2)

Dengan syntax diatas maka variable x akan berisi nilai dari lebar resolusi dan y berisi tinggi atau panjang resolusi sekarang yang sedang aktif.

SELAMAT MENCOBA..!!!

0 komentar:

Posting Komentar