Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Jumat, 07 Desember 2012

Mengatur Posisi Menu

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Menu yang dimaksud di sini adalah daftar pilihan command atau procedure yang bisa diakses dalam sebuah program atau aplikasi. Secara Default menu ini biasanya terletak di bagian atas body form. Tetapi di dalam Visual Foxpro sebenarnya letak atau posisi dari menu ini bisa diatur agar tidak hanya bisa terletak di  bagian atas body form, tetapi bisa di bagian tengah, bawah atau sesuai dengan keinginan. Seperti contoh tampilan menu "Trik Menu" pada form yang ada di gambar di bawah ini :
Untuk melakukan pengaturan posisi menu ini, kita harus membuat menu melaui syntax atau code yang kita ketikkan sendiri karena secara default fasilitas ini tidak diberikan pada pembuatan menu secara visual atau pembuatan menu secara normal pada umumnya. Tetapi meskipun melalui code, jangan kuatir codenya sebenarnya tidak begitu sulit. Sebagai contoh code yang digunakan untuk membuat menu "Trik Menu" pada gambar diatas menggunakan code dibawah ini yang diketikkan di dalam program (file .prg) adalah :

PROCEDURE tmenu
 LPARAMETERS nama, posisi && Parameter Untuk Akses di Form
 DEFINE MENU utama BAR AT LINE posisi IN WINDOW (nama) STYLE 'B'
 DEFINE PAD satu OF utama PROMPT '\<Trik Menu' COLOR SCHEME 3 ;
  KEY ALT+R, ''
 ON PAD satu OF utama ACTIVATE POPUP popsatu
  DEFINE POPUP popsatu MARGIN RELATIVE COLOR SCHEME 1
 DEFINE BAR 1 OF popsatu PROMPT '\<Satu' ;
    KEY CTRL+T, 'Ctrl+T'
 DEFINE BAR 2 OF popsatu PROMPT '\-'
 DEFINE BAR 3 OF popsatu PROMPT '\<Keluar'
 ON SELECTION BAR 1 OF popsatu DO procsatu
 ON SELECTION BAR 3 OF popsatu DO proctiga
 ACTIVATE MENU utama nowait
ENDPROC

PROCEDURE procsatu()
 MESSAGEBOX("Trik Menu From www.foxpromania.co.cc",;
 0+32,"Informasi")
ENDPROC 

PROCEDURE proctiga()
 application.ActiveForm.release()
ENDPROC 

Sedangkan untuk mengaksesnya di form tinggal menggunakan syntak :

tmenu(thisform.Name, 10)

Syntak pengaksesan menu bisa diletakkan di procedure manapun, dan tidak perlu di procedure form.init yang biasanya digunakan untuk menampikan menu di form bila menggunakan file menu.mpr. 

Pada umumnya teman - teman Foxpro Mania khususnya yang baru belajar membuat menu, pasti akan selalu diingatkan bahwa form yang digunakan untuk menampilkan menu biasanya nilai property ShowWindow nya adalah 2. Tetapi sebenarnya itu bukan hanya satu - satunya pengaturan agar form dapat menampikan menu khususnya kalau dengan menggunakan contoh cara yang telah dijelaskan diatas. Berikut alternatif pengaturan form agar bisa menampilkan menu :
  • Mengatur Property "ShowWindow" form dengan nilai 2 (ini adalah pengaturan yang biasa dipakai)
  • Mengatur Property "Desktop" form dengan nilai .T. (True). Meskipun pengaturan property ShowWindow form anda bernilai 0 atau 1, asal property "Desktop" bernilai .T. maka menu akan tetap bisa tampil.
  • Khusus dengan cara diatas tanpa memperdulikan property ShowWindow atau Desktop (property ShowWindow atau Desktop bernilai apapun) menu akan bisa tampil asal nilai posisi (Contoh angka 10 yang berwarna merah) pada "tmenu(thisform.Name, 10)" tidak bernilai 0 (nilai 0 berarti menu akan ditampilkan di bagian atas / posisi menu default pada umumnya)
Selanjutnya tinggal bereksplorasi, silahkan di coba - coba syntax menu diatas, meski tidak ada penjelasan mengenai syntax diatas tetapi dengan langsung mencoba dan sedikit eksperimen dan eksplorasi pasti teman - teman bisa paham apa maksudnya. Bila ingin melihat contoh dalam project sederhananya bisa download di link di bawah ini :




SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar