Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Jumat, 07 Desember 2012

Menampilkan Symbol di Label

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Dalam MS Word kita mengenal symbol sebagai karakter - karakter yang unik yang biasa kita gunakan untuk melambangkan sesuatu. Symbol ini biasanya terdiri dari karakter yang tidak bisa atau tidak terdaftar di keyboard, jadi untuk menampikannya kita tidak bisa langsung mengetiknya dari keyboard. 

Kalau di dalam MS Word kita bisa dengan mudah melakukan insert symbol bila ingin menggunakan symbol, tetapi gimana kalau kita ingin menampilkan symbol - symbol tersebut di dalam kontrol label kita???..yang pasti tidak semudah menampilkannya dengan MS Word. 
Aneka Ragam Symbol di Caption Label 

Bila suatu saat kita berkepentingan untuk menampilkan Symbol di kontrol label maka cara atau syntak yang digunakan adalah fungsi chr(), gimana cara penggunannya dibawah ini contohnya :

label1.caption=chr(188)

syntax diatas akan menampilkan symbol "1/4" di caption milik label 1. Symbol "1/4" di fungsi tersebut diwakili dengan nilai Ascii Decimal 188. Bila ingin mengetahui nilai Ascii Decimal dari symbol - symbol yang lain bisa melihat daftar nilainya di bawah ini :

Daftar Nilai Ascii Decimal Symbol

Dengan menggunakan daftar diatas anda bisa berkreasi untuk menampilkan symbol di dalam label. Dan untuk percobaan tambahan atau jika anda ingin menampilkan symbol yang menyerupai gambar dan bisa coba mengganti Font di kontrol label tersebut dengan Font "Webdings, Wingdings, Wingdings 2 atau Wingdings 3" sehingga anda bisa menampilkan Symbol seperti yang ada di gambar "aneka ragam symbol".


SELAMAT MENCOBA...!!

0 komentar:

Posting Komentar