Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Senin, 10 Desember 2012

Menampilkan Grafik di Form & Report dengan MS Graph

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Berdasarkan permintaan dari salah satu teman Foxpro Mania, berikut kita akan coba belajar bagaimana menampilkan grafik berdasarkan data table yang kita punya ke dalam form atau report. Grafik yang kita tampilkan memanfaatkan MS Graph. Selanjutnya kita langsung ke contoh kasus saja. Misalnya kita punya data seperti ini :
Anggap saja ini adalah data rekap penjualan, jika dimasukan dalam table maka yang akan jadi field adalah ponsel, laptop dan PC. Sedangkan 2009,2010,2011 adalah mengindikasikan row data...atau urutan data ke 1,2..dst. Kemudian gmn cara menampilkan data - data ini ke dalam grafik yang akan bisa dilihat di form???...Berikut langkah - langkahnya :
  1. Tambahkan kontrol "ActiveX Bound Control (OleBoundControl)" ke dalam form. melalui kontrol inilah nanti grafik akan ditampilkan.
  2. `
  3. Selain itu kita butuh field dengan jenis "General", bisa dari sebuah table atau dari cursor.
  4. `
  5. Kita juga butuh sebuah variable dalam bentuk text. Cara kerjanya, kita akan konversi data dari table ke dalam format yang bisa dibaca oleh ms graph dan kemudian ditampung dalam sebuah variable. Format datanya adalah :
  6. `
    <namavar>=kriteria+chr(9)+data1+chr(9)+data2+;chr(9)+data3+chr(10)+chr(13)
    `
    Klo berdasar data pertama di contoh menjadi : 
    `
    cGData="2009"+chr(9)+"12"+chr(9)+"5"+chr(9)+;"23"+chr(10)+chr(13)
    `
    Format diatas untuk satu kriteria atau untuk satu row data, bila data lebih dari 1 maka kita harus memakain logika untuk menambahkan satu baris format lagi dan seterusnya. Jumlah maksimal data yang bisa ditampilkan, yang dalam contoh format ditunjukkan dengan data1, data2 dst... adalah 255 data atau bila diterjemahkan ke data dalam table berarti 255 field.
    `
  7. Setelah mempunyai data dalam bentuk text seperti yang ditentukan kemudian menambahkan data tersebut ke dalam field general dengan syntax :
  8. `
    append blank append general gen1 class "msgraph.chart";        
    DATA m.cGData
    `
    yang perlu diperhatihan dan nanti disesuaikan adalah "gen1" itu adalah nama dari field General yang telah dibuat, "cGData" adalah nama dari variable yang kita gunakan untuk menyimpan data text pada langkah sebelumnya.
    `
  9. Langkah terakhir adalah mengatur property ControlSource dengan nama field general.
  10. THIS.OleBoundControl1.ControlSource = "Gen1"
Langkah - langkah diatas adalah panduan dasar untuk menampilkan data ke dalam grafik, pengembangannya silahkan teman - teman Foxpro Mania berkreasi sendiri. Untuk contoh project sederhananya agar teman - teman yang belum paham benar mengenai langkah - langkah diatas bisa akhirnya tau, mencoba mengutak - atik projek grafil di link di bawah ini. Projek itu dilengkapi dengan pengaturan jenis graph, pengaturan beberapa accesoris graph, dan juga contoh menampilkanya di report. Projek ini merupakan modifikasi dari Solution Sample Foxpro 9.0.



Selamat Mencoba...!!

0 komentar:

Posting Komentar