Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Kamis, 06 Desember 2012

Mempercantik layar editor Visual Foxpro melalui "Command Window"

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Command Window adalah jendela kecil yang berada di dalam layar editor Visual Foxpro. Command Window ini bisa digunakan untuk menjalankan syntax atau perintah dalam Visual Foxpro. Command Window ini ibaratnya adalah sebuah jendela "cheat" bagi yang suka nge-game untuk dapat melakukan jalan pintas ke level tertentu atau menggunakan senjata yang tidak disediakan di menu standart. Berikut ini dengan menggunakan Command Window akan dicoba untuk mempercantik layar editor atau jendela utama dari Visual Foxpro.

Pertama kali, akan dicoba untuk mengubah caption, Secara default caption dari jendela utama Visual Foxpro adalah "Micrososft Visual Foxpro" selanjutnya akan diubah dengan "Foxpro Mania" dengan mengetikan syntax berikut di Command Window dan kemudian tekan enter.

_screen.Caption="Foxpro Mania"
Selanjutnya pada percobaan ke dua akan coba untuk mengubah icon srigala bawaan dari Visual Foxpro dengan mengetikkan syntax berikut ke Command Window dan kemudian enter.

_screen.Icon=GETFILE("ico")
Syntax di atas akan meminta anda untuk memasukkan file dengan ekstensi "ico" atau file gambar dalam bentuk icon untuk dapat mengganti icon serigala bawaan Visual Foxpro.

Setelah mencoba mengotak - atik caption dan icon Visual Foxpro pada percobaan ke tiga ini kita akan pindah ke body atau halaman utama editor Visual Foxpro yang default bawaannya tampak hanya dengan warna putih. Warna putih itu akan kita coba ganti dengan warna lain dengan menjalankan syntax berikut di Command Window

_screen.BackColor=GETCOLOR()
Syntax di atas akan meminta anda untuk memilih warna yang disukai untuk mengganti warna putih bawaan Visual Foxpro.

Setelah berhasil mengganti warna selanjutnya kita akan coba untuk mengganti warna tersebut dengan gambar, biar layar Visual Foxpro kita bisa menjadi lebih menarik, dengan menggunakan syntax berikut.

_screen.Picture=GETPICT()
Syntax di atas akan meminta anda untuk memilih gambar yang ada di lokal disk untuk ditampilkan di editor  Visual Foxpro.

Setelah berhasil mengganti gambar, selanjutnya percobaan ke lima kita akan coba yang lebih ekstrim yaitu dengan mengganti background  layar editor foxpro dengan Movie. Untuk itu sebelumnya silahkan download file library berikut inivfilm.vcx. setelah download ekstrak file tersebut yang nantinya kita akan gunakan untuk menampikan movie. kemudian jalankan syntax berikut di command window (Untuk menjalankan syntax perintah yang terdiri lebih dari 1 baris dalam command window secara bersamaan, blok semua syntax yang mau dijalankan kemudian baru tekan enter. Untuk syntax dibawah ini lakukan seperti itu)

set classlib to GETFILE("vcx")
_screen.addobject("OFilm","cfilm")
_screen.OFilm.Visible=.t.
_screen.OFilm.top=1
_screen.OFilm.left=1
_screen.OFilm.width=_screen.width
_screen.OFilm.height=_screen.height
_screen.OFilm.film.url=(GETFILE())
BINDEVENT(_SCREEN,"Resize",_screen.OFilm,"sama")
Syntax di atas pertama akan meminta anda untuk memasukan file vfilm.vcx yang sebelumnya telah di download. Setelah itu akan meminta untuk memasukkan Movie yang ingin dijalankan. vfilm.vcx ini menggunakan kontrol windows media player...jadi selama movie yang anda jalankan bisa di mainkan di windows media player maka pasti movie itu juga dapat dimainkan di layar utama Visual Foxpro.

OK TEMAN-TEMAN - SELAMAT MENCOBA....!!

0 komentar:

Posting Komentar