Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Sabtu, 01 Desember 2012

Ini 5 Kelebihan Windows 8 dari Android dan iOS

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Microsoft telah meluncurkan sistem operasi Windows 8. Dengan optimalisasi fungsi touchscreen, Windows 8 pun siap untuk bersaing dengan sistem operasi yang biasa digunakan di perangkat mobile, iOS dan Android.
Berbagai perangkat siap dukung Windows 8

Dengan pengalamannya sebagai penguasa sistem operasi didesktop, tentu Windows menjadi sistem operasi yang tak bisa dipandang sebelah. Namun di perangkat mobile, Android dan iOS juga bukan pesaing sembarangan.

Lalu apa saja kelebihan Windows 8? Mengutip TechRadar, berikut paparannya:

1. Konvergensi Tablet-Laptop
Tablet dan laptop mulai berkonvergensi di berbagai produk. Dan Microsoft memiliki Windows 8 yang dipersiapkan untuk unifikasi perangkat macam ini.

Apple tak punya strategi konvergensi. Sepertinya Apple belum berani untuk melakukan kanibal produk, seperti yang dilakukan saat iPhone mengkanibal iPod.

Saat ini, Mac Mini hadir untuk melindungi iMac. iMac pun dikembangkan dengan tetap melindung Mac Pro. Sedangkan iPad belum 'diberi izin' untuk melintasi teritori yang dikuasai MacBook.

Sedangkan untuk Google, Chrome OS pun belum siap untuk mendukung notebook, baru digunakan di Chromebook. Android pun saat ini baru dikembangkan untuk tablet, dan belum memiliki pengalaman untuk digunakan di laptop.

2. User Interface yang Superior
Interface atau antarmuka ini sebelumnya dikenal dengan nama "Metro", kemudian diganti dengan sebutan "Modern". Sesuai namanya, Windows memang menghadirkan UI yang modern. Ini memang belum sempurna, tapi tentu menghadirkan kesegaran.

UI di Windows 8 menghadirkan kombinasi responsif sebaik iOS, juga konfigurasi dan tenaga sebaik Android.

3. Dukungan ARM dan x86
Tentu banyak argumentasi mengenai mana yang lebih baik, ARM atau x86. ARM menghadirkan efisiensi daya. Sedangkan x86 memiliki kekuatan yang ada di chip Intel pada umumnya, juga kompatibel dengan software yang didesain untuk Windows 2007 dan yang lebih tua dari itu.

Tentu perdebatan itu tak masalah bagi Microsoft. Sebab, Windows 8 mendukung keduanya.

Memang ada versi Android yang kompatibel dengan x86. Tapi tentu tak selengkap dan sebaik dengan yang ada di Windows 8. Sedangkan saat ini, iOS hanya mendukung ARM semata.

4. Multi-tasking
Windows lama dikenal sebagai sistem operasi yang menunjang multi-tasking. Tapi kini fiturmulti-tasking tampil jauh lebih baik.

Kini Windows 8 menghadirkan pilihan tampilan lama dengan bar untuk manajemen aplikasi di desktop, juga tampilan ala antarmuka Modern. Microsoft juga menghadirkan fitur alih-aplikasi di antarmuka Modern.

Dengan ini, sepertinya Windows 8 memang jauh lebih unggul untuk multi-tasking ketimbang iOS atau Android.

5. Kompatibel Software Lama
Ini memang diaplikasikan hanya di versi x86, dan tak bisa di versi Windows 8 RT. Tapi tentu berbagai ekosistem yang luas ini menjadi kelebihan bagi Windows 8.

Apalagi, Windows terbaru ini kini tampil lebih kontemporer dengan optimalisasi touchscreen. Dengan berbagai perbaikan yang tak melupakan software lama, tentu Windows 8 jadi pilihan menarik.

Belum Sempurna
Meski banyak kelebihan yang ditawarkan, mesti diingat bahwa Windows 8 bukanlah sistem operasi sempurna. Untuk aplikasi berbasis sentuh, jumlahnya pun tak sebanyak iOS dan Android. Sebab iOS dan Android memang sejak lama mendekati pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk mereka.

Tapi Windows 8 bisa dibilang merupakan nafas baru bagi Microsoft. Dengan maraknya perangkat mobile, Windows 8 terlihat berupaya merangkul mobile namun tak berusaha melepas pasar PC. Tentu ini jadi senjata untuk terus berkompetisi dan melanjutkan kedigdayaan Microsoft di pasar software.

http://teknologi.news.viva.co.id
Sumber ; 

0 komentar:

Posting Komentar