Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Jumat, 07 Desember 2012

Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan ujian bertipe multiple choice, dengan berbasiskan jaringan sehingga memungkinkan hasil ujian yang dapat dilihat secara realtime. Project aplikasi ini terdiri dari dua project yaitu :
  1. Project untuk Server, yaitu project aplikasi yang digunakan untuk memantau setiap pekerjaan ujian yang dilakukan oleh client. Project server ini juga mempunyai fasilitas untuk dapat mengirimkan pesan ke client atau yang sedang mengerjakan ujian dan juga dapat mematikan atau menshutdown komputer client yang dianggap curang dalam mengerjakan ujian.
  2. Project untuk Client, yaitu project aplikasi yang berisi soal yang harus dikerjakan oleh yang mengerjakan ujian. Di project client ini juga dapat dilihat hasil skor dari pengerjaan ujian dan sekaligus akan mengrim skor tersebut ke server.
Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan ini dibangun dengan menggunakan database MySQL server sehingga mendukung operasi database client server. Konfigurasi yang harus dilakukan dalam menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan di komputer yang dianggap sebagai server terinstal MySQL Server. Untuk komputer Client tidak perlu terinstal MySQL Server.
  2. Import dblomba.sql yang berada satu folder dengan project aplikasi server ke dalam MySQL Server anda.
  3. Baik komputer Server dan setiap komputer Client harus terinstal "Driver Konektor ODBC Mysql 3.51", kalau belum punya bisa download disini.
  4. Buka file koneksi.apu yang berada satu folder dengan project aplikasi server dan project aplikasi client. Secara default isi koneksi.apu adalah1,localhost,root,0,dbbill. Setingan ini hanya untuk dijalankan jika aplikasi server dan client berada pada satu komputer. Dalam penerapan aplikasi yang sesungguhnya dimana nantinya akan terdapat 1 server dengan banyak client yang terhubung jaringan maka seting tersebut harus diubah dengan ketentuan localhost diganti dengan IP address komputer server misalnya 192.168.1.4, root  biarkan tetap saja karena merupakan user default admin bawaan MySQL Server, 0 biarkan tetap jika anda tidak memberikan password untuk akses ke user root, kalau akses ke usernameroot ini dikasih password maka 0 diganti dengan password untuk akses ke user root tersebut. Settingan ini harus diterapkan baik di file koneksi.apuyang ada di project aplikasi server maupun file koneksi.apu yang ada di project aplikasi client.
Untuk file project Aplikasi Ujian Berbasis Jaringan dapat di download di link dibawah ini.


SELAMAT MENCOBA...!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

maaf gan , pakai apa buka di tampilan server dan client nya

Posting Komentar