Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Kamis, 06 Desember 2012

60 Widget Terbaik Untuk Blog Anda

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Widget

1. MyBlogLog’s Recent Readers - Widget satu ini sejak kehadirannya didunia blog langsung mendapat sambutan meriah layaknya seleb baru yg lagi naek daun. Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Ente. Dan dengan kepopuleran widget satu ini sampai-sampai manajemen MyBloglog mampu meyakinkan Yahooo untuk membeli sahamnya. Hebat yaa Coz, yang Ente perlukan untuk mendapat widget ini adalah mempunyai account yahoo.

2. Mashable - Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout/template blog Ente

3. Headline News - Seperti widget mashable, widget ini pun menampilkan cuplikan headline berita dari situs-situs di seluruh penjuru dunia. pana kali hehe.

4. Flickr Flash Photo Stream Badge - Widget ini menampilkan photo-photo dari profil flickr Ente secara berurutan dan dengan sentuhan flash. Flickr merupakan bagian dari yahoo jadi untuk mendapatkan widget ini Anda memerlukan account yahoo seperti pada widget MyBlogLog di atas.

5. Preview Anywhere - sudah cukup terkenal juga nama snapshots bagi pengguna blogger bahkan untuk wordpress widget ini menjadi rekomendasi khusus dalam dashbord admin penggunanya. Fungsinya untuk melihat preview link keluar dengan tampilan popup yang tidak terlalu besar ketika pengunjung mengarahkan mouse pada teks atau banner yang “mengandung” link. Pro-kontra memang selalu ada; sebagian menganggap widget ini berguna karena menandakan kejujuran kita selaku pemilik blog, namun ada juga yang mencap kambing hitam sebagai biang cerook.

6. Twitter Badge - Jika dalam keseharian hidup Ente banyak hal-hal menarik dan begitu penuh warna dengan segudang aktifitas serta ingin agar orang lain tahu dan menampilkan cuplikan kalimat-kalimat pendek contohnya satu paragraf gitu.. (140 karakter) Ente lagi melakukan kegiatan ini, Ente lagi berada dimana, Ente lagi bersama siapa, Ente lagi, lagi, lagi, lagi, dan lagi…. Maka widget ini cocok untuk dipasang pada blog Ente. Daripada bikin sendiri element blogger/wordpress secara manual menuliskan teks sebagai pesan kepada pengunjung blog Ente bahwa Ente lagi ini dan itu, ane sarankan lebih baik menggunakan widget ini. Widget ini akan menampilkan “tweet” terbaru Ente. Dan untuk pengguna WP sudah ada plugin untuk memposting twitter langsung dari blog Ente.

7. Digg News - Widget ini manampilkan Link terakhir yang masuk ke Digg sebuah social bookmarking yang sudah “kakoncara” dijagat perbloggan Pilihan theme dan warna mudah untuk Ente atur agar sesuai dengan template blog Ente.

8. FEEDJIT - Widget ini paling enak diantara widget lainnya, misalkan kalo kita lagi cape, lesu, dan lelah sendi-sendi juga lagi nggak enak, otot kaku, badan pegal, masuk angin… maka suruh aja si mbok untuk feedjit ooo itu mah urut yaa hehe. Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog Ente. Ente empat pilihan widget Feedjit yang bisa Ente gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.

9. LineBuzz - Komentar dalam widget inline untuk Blog Ente. Widget ini sangat berguna bagi blog yang memiliki frekuensi di atas 900 Mhz tinggi dalam menerima komentar, sehingga memudahkan berkomentar jika terjadi diskusi yang berkepanjangan wah keren euy. Hanya sayang, pengunjung harus terdaftar LineBuzz dulu untuk berkomentar aduh bikin riwed juga yaa

10. Flixn - Jika kompi atau laptop Ente terpasang webcam, maka widget ini bisa digunakan untuk memperlihatkan ekspresi “narsis” Ente langsung melalui blog Anda *heuheu* . Jadi pengunjung blog tidak hanya membaca postingan Ente tapi bisa menyaksikan “konser” Ente didepan monitor, mirip webcam yahoo.

11. 3Jam - Widget ini memudahkan pengunjung blog untuk berinteraksi dengan Ente dengan mengirimkan SMS pada handphone Ente tanpa mereka tahu nomor HP Ente.

12. Jaxtr - Seperti halnya widget 3jam di atas, dengan menggunakan widget Jaxtr ini, pengunjung blog bisa menghubungi HP Ente tanpa mereka tahu nomor HP ente.

13. LinkedInABox - Menampilkan profile Ente di LinkedIn. Dan widget ini sangat cocok untuk blog personal.

14. Box Widget - Dengan widget ini, memudahkan pengunjung blog ente untuk mengupload file ke tempat penyimpanan online box.net melalui widget box.net pada blog Ente.

15. Price of gas - Menampilkan harga bahan bakar kendaraan bermotor secara online (US$), kalo di Indonesia mungkin seperti harga Bensin premium, pertamax dan solar. “sangat cocok” untuk pengunjung blog Ente yang mobilitasnya tinggi. *terasa aneh* tapi kalo blog Ente memang membahas masalah gas bumi, bahan bakar dan yang sejenis maka widget ini sangat cocok, lagian tidak perlu mendaftar hanya mengcopas scrift yang disediakan Gas-Cost.Net.

16. iBegin Weather Widget - Menampilkan laporan cuaca untuk wilayah Kanada dan Amerika. Seperti widget Price of Gas di atas widget ini hanya cocok untuk blog yang memang membahas masalah yang sama.

17. ClockLink - Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Ente.

18. Film Loops - Menampilkan kesimpulan filem terakhir yang Ente tonton melalui account FilmLoops Ente.

19. Daily Painters - Widget ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa seni tinggi karena widget ini menampilkan lukisan-lukisan dari pelukis terkenal di dunia.

20. WhoLinked - Memperlihatkan kepada pengunjung blog Ente situs-situs yang telah melink pada blog Ente. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang melink blog Ente.

21. Criteo AutoRoll - Widget ini memperlihatkan link menuju blog-blog yang sehaluan dengan blog Ente.

22. Calender - Berbeda dengan wordpress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Ente ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.

23. Bitty Browser - Menampilkan web browser “mini” pada sidebar blog Ente.

24. Leafletter - Ini juga sama masih masalah mini, widget ini membuat website mini dan menyimpannya pada blog Ente.

25. WikiSeek - Menampilkan widget untuk pencarian pada Wikipedia.

26. FeedCount - Menampilkan jumlah pengunjung blog Ente melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner Ente.

27. Technorati Link Count - Menampilkan reaksi jumlah link yang menuju blog Ente dari salah satu directory blog terbesar dan terpopuler abad ini… dialah Tehnorati

28. MyPageRank - Inilah cara lain untuk menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Ente dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini seperti saat kita SD dulu ada rangking 1 sampe 9, bedanya PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 9, kalo baru satu berarti belum besar-besar amat blog Ente.

29. CheckPageRank - Pilihan lain untuk menampilkan PR blog Ente, namun kelebihannya widget ini menampilkan juga ranking Alexa.

30. Counter Statistic - Bagi Ente yang ingin melihat jumlah pengunjung Ente sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.

31. Web/Blog Counter - Widget ini datangnya dari Histats.Com yang memungkinkan Ente bisa melacak pengunjung datang dari mana saja, lewat pintu mana saja, dan menghitung jumlah pengunjung blog Ente sehari-hari berapa, referer dari blog mana saja, dan jika melalui search engine semisal google, yahoo, msn menggunakan keyword apa. Jika Ente ingin melihat IP Address pengunjung blog Ente, widget histats ini yang bisa ane rekomendasikan.

32. BlinkxIt - Widget mantab sangad karena menampilkan banner kecil dibawah setiap postingan blog Ente, ketika banner BlikxIt itu di klik maka keluar mini popup seperti snapshot dan menampilkan video yang berhubungan dengan postingan blog Ente.

33. Skype button - Seperti widget menampilkan status online YM pada blog Ente, widget ini pun hampir sama cuma bedanya status online/offline pada account skype Ente yang ditampilkan.

34. RockYou Horoscope - Saya tidak menganjurkan widget ini pada blogger muslim, soalnya ini berupa ramalan yang sudah jelas-jelas dilarang oleh agama kita sodara-sodara! Konsekuensinya jika Ente percaya ramalan maka 40 hari shalat Ente tidak diterima low ga percaya tanya ma ustad-ustad terdekat… hehe

35. Bravenet Horoscope - Seperti halnya widget di atas, bravenet pun menyediakan widget horoscope untuk blog Anda.

36. del.icio.us Tagometer - Widget ini menampilkan berapa banyak pengguna del.icio.us membookmark blog .

37. del.icio.us Linkrolls - Widget ini menampilkan bookmark terakhir dari del.icio.us.

38. Timelines - Perlu membuat timeline untuk blog ? Maka widget cukup mudah digunakan, hanya perlu memasukan RSS blog  lalu memasukkan ukuran lebar dan tingginya.

39. PollDaddy - PollDaddy memberikan kemudahan membuat sebuah poling atau survey dengan theme yang sangat cantik dan menawan hati tanpa batas waktu.

40. Vizu - Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.

41. AnswerTips - Memperlihatkan jawaban dari Answers.com untuk berbagai macam istilah yang terdapat pada blog berguna jika pengunjung blog adalah mas ikan. pis mas…

42. AnswerBoxes - Masih widget dari Answer.Com hanya saja widget ini memberikan kesempatan pada pengunjung blog untuk memasukan istilah yang tidak dimengerti dan mendapat jawaban dari Answer.Com.

43. Now Playing - Jika  ingin sharing playlist musik yang sedang dengarkan dan ingin agar pengunjung blog  juga mendengarkan, nah Signamp menawarkan widget ini, biar signamp yang melakukan trik bagaimana hal itu mungin terjadi.

44. BuzzBoost - Menampilkan headline dari RSS FeedBurner blog  pada blog  sendiri ataupun blog  yang lain atau juga pada blog teman  atau mungkin blognya sodara Ente atau juga pada blognya dia, mereka dan dirinya. tong maksa euy

45. LibraryThing - Tampilkan buku terakhir yang telah baca wahai kutu buku!

46. Plaxo Address Book - Izinkan pengunjung setia yang telah  percayai untuk mengakses buku tamu mereka langsung dari blog.

47. AuctionAds - Widget yang menampilkan pelelangan barang dari eBay, dan memberikan kesempatan pada untuk mendapat persentase dengan catatan pengunjung blog membeli barang lelang tersebut.

48. aStore - Hampir mirip dengan AuctionAds di atas, hanya saja widget ini datangnya dari Amazon. Widget ini memungkinkan Ente menampilkan “warung sederhana” tapi jika ada yang beli lewat warung tersebut Ente mendapatkan keuntungan dari Amazon.

49. Deal of The Day - Masih dari Amazon ini merupakan widget paling anyar yang dirilis amazon. Yang menarik dari widget ini adalah diskon besar-besaran yang ditawarkan untuk pengunjung blog Ente. Dan jika ada yang membeli barang dari widget tersebut tentu mendapat persenan dari amazon, lumayanlah buat beli kacang goreng.

50. Plazes - Widget ini menampilkan dimana posisi Anda, apakah sudah PW atau belum…? Kalo belumPW cari dulu deh tempat yg nyaman buat ngeblog biar PW . Nah widget ini menampilkan lokasi peta dimana kamu berada. *nyambungkah?*

51. Stockalicious - Perlihatkan portfolio dengan widget ini, dan sharing dengan blogger lain. Biar semua orang tahu berapa banyak dana yang telah  keluarkan untuk ngeblog. *mudah2an ada yg mau nyumbang.

52. Yahoo! For Good - Widget ini untuk membuat “kotak amal” dan akan didonasikan kepada yang berhak menerimanya. Jadi bagi  yang berjiwa sosial, rasanya widget ini perlu, anggap saja blog  warung atau toko yang menerima penitipan kotak amal. ^_^

53. Giftspace - Sahabat ataupun teman blogger akan memberi hadiah di hari Ultah  tapi mereka tidak tahu harus membeli hadiah apa yang sekiranya Anda inginkan. Nah melalui widget ini biarkan mereka tahu kado apa yang sebenarnya  inginkan.

54. MixMap - Dari widget ini Ente bisa melihat pengunjung profile MySpace  dari sebuah Peta.

55. Google Map Widget - Perlihatkan pencarian pada peta google dari blog .

56. Google Video Search - Tampilkan form pencarian video dari video pilihan pada blog .

57. This Day in History - Widget ini menampilkan cuplikan bahwa hari ini ada sejarah apa pada masa lalu.

58. Shoutbox - Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa gunakan diantaranya, Shoutmix, dan Cbox, .
Demikian diantara widget yang bisa digunakan untuk mempercantik blog . Pilih saja yang sekiranya bermanfaat dan cocok untuk blog . Ingat! Kebanyakan widget bisa mengesankan blog  kumuh dan membuat koma dan berakibat pengunjung malas untuk datang kedua kali.

59.Outbrain Adalah sebuah website yang menyediakan widget rating.
60.LinksAlpha Adalah Sebuah Website yang menyediakan Widget share otomatis ke Facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar