Subscribe:
Selamat Datang di Blog IT, Blog ini berisikan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Gadge

Social Icons

Sample Text

Followers

Featured Posts

Rabu, 12 Desember 2012

Membuat Model Bola dengan 3DS Max

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Halo semuanya, apa kabar? ya,semoga semuanya dalam keadaan sehat dan baik, lebih baik dari kemarin. Amin.....

Ok, sekarang saya membuat tutorial 3DS Max lagi. Disini, kita akan membuat model bola sepak.


Seperti kita tahu, bola sepak mempunyai bentuk bulat, tapi dengan garis-garis unik. Nah, kalo kita membuatnya dengan sphere tentu tidak akan berhasil karena bentuk garisnya tidak akan sesuai. ok, langsung ke tutorial aja ya...

1. Pertama, kita buat bentuk dasarnya dulu dari Hedra. Pada panel Create > Geometry > Extended Primitives > Hedra.


2. Di parameter Hedra, pada Family pilih Dodec/Icos dengan nilai P=0,37. Nah, sekarang bentuknya sudah mirip bola kan?

3. Klik kanan bola > Convert to > Convert to Editable Poly.

4. Pada panel Modify tekan tombol 4 pada keyboard untuk memasuki modus polygon.


5. Seleksi semua polygon lalu klik tombol Bevel Setting. Pada jendela Bevel Polygons yang muncul, pilih By Polygon dan atur nilai Height=0,5 dan Outline=-0,15.


6. Seleksi kembali semua Polygon lalu atur Set ID=1.


7. Sekarang seleksi semua polygon yang berbentuk segi lima lalu atur Set ID=2.


8. Klik tombol ikon Edge lalu seleksi semua Edge pada Hedra dan klik tombol Chamfer Setting. Di jendela Chamfer Edges, atur nilai Amount=0,05 dan Segments=2.

9. kembali lagi ke Modus Polygon lalu seleksi semua polygon yan g berbentuk segi lima dan segi enam dan klik tombol Bevel Setting.Atur nilai Height=1,5 dan nilai Outline=-8.


10. Seleksi lagi semua Polygon dan Atur nilai Auto Smooth=70 dan Klik tombol Auto Smooth.


11. Pada panel Modify>Modifier List>Spherify lalu atur nilai Percent=50.


12. Ok, bentuk bola mungkin sekarang sudah jadi. Nah, selanjutnya adalah pemberian material agar bola tampak lebih elegan. Untuk material, gunakan Multi/Sub Object dan atur warna ID 1=putih, dan warna ID  2=Hitam. Drag slot ini ke objek Bola di viewport.


13. Tekan F9 pada keyboard untuk merendernya. Saya menambahkan lampu Direct Light dengan beberapa pengaturan dan mendapatkan hasil seperti gambar bawah.


Sebenarnya anda bisa membuat bentuk bola yang cukup detil secara cepat tanpa proses modeling. Caranya, gunakan script dofootball.ms lalu jalankan pada 3DS Max anda dan atur radiusnya. Setelah bentuk bola jadi, tambahkan material dan render. Kalau agan tertarik dengan Script tersebut, silahkan download disini (ukurannya Cuma 2 KB). Script ini dibuat oleh BENETATOS "Mr.T Themis, seorang Compositor dan 3D Generalist. Agan bisa kunjungi blognya disini.

Ok, semoga tutorialnya bermanfaat dan terus berkarya.... Wassalam.

http://jurusan-multimedia.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar